Special Honey to Shahabat Rimba

Subscribe My Youtube Channel

Home » , , , , » CARA Membuat Sarang Kotak Lebah Madu sederhana dan stup semi modern

CARA Membuat Sarang Kotak Lebah Madu sederhana dan stup semi modern

Madu Amanah Rimba - Cara membuat sarang lebah madu sederhana tradisional bagi pemula dan cara buat kotak atau stup buatan  untuk budidaya lebah madu liar. cara pembuatan sarang atau sangkar lebah semi modern, kotak untuk tawon glodok atau tawon unduhan, lebah madu pelawan atau lebah hutan apis dorsata. Cara membuat sarang atau glodok lebah dari kayu dan bambu.

Selamat pagi sahabat Rimba, kali ini kita akan belajar bagaimana cara tips dan trik untuk membikin sarang buatan yang akan kita gunakan sebagai kandang buatan untuk memelihara lebah madu lokal apis cerana. selain itu saya juga sudah membuat tutorial untuk membuat sarang lebah klanceng, kelulut, atau trigona bagi pemula. baca artikel saya tentang : Cara membuat sarang trigona atau klanceng

Cara Membuat sarang lebah madu lokal apis cerana atau tawon glodog secara tradisional dan sederhana dengan bahan kayu atau pohon atau pokok kelapa, glugu, atau batang pohon kayu. BAHAN :

  1. Kayu kelapa atau glugu, bisa juga kayu pohon lain seperti kayu randu melinjo mahoni dll.
  2. gergaji
  3. tatah atau pahat
  4. palu
  5. petel dan alat pertukangan lain
CARA PEMBUATAN SARANG LEBAH MADU TRADISIONAL :
  1. potong pohon atau pokok kelapa sepanjang 50cm
  2. belah menjadi dua bagian yang sama atau simetris

  3. belah, hadapkan bagian yang datar ke atas. lubangi atau buang isi ke dua batang kelapa tadi sepanjang 40 cm. lubang berada di tengah. jadi kalau di tangkupkan atau di satukan kembali.

    bentuknya adalah sebuah tabung yang tertutup seperti kaleng atau drum yangmana tengahnya adalah ruang kosong untuk tempat lebah bersarang. lalu buar lubang disamping atau tengah untuk keluar masuk lebah saat mencari madu.

  4. jadi, glodok ini bisa di gantung atau ditaruh di tempat yang teduh untuk memancung lebah, atau buat cadangan kotak bila suatu saat kita menemukan lebah. baca pula tips tentang : Cara memindah sarang lebah madu liar kedalam kotak
CARA MEMBUAT SARANG STUP KOTAK LEBAH BUATAN SEMI MODERN :

BAHAN :
  1. PAPAN KAYU lebar 20cm tebal 2cm atau 1,5cm dari kayu pohon sengon mahoni jati wiyu sono keling randu mangga kluwih nangka durian atau kayu podon lain.
  2. gergaji palu paku sik7u dan sederet alat pertukangan lain.
  3. lantai yang datar untuk menyusunnya.
CARA pembuatan stup kotak atau kandang buatan untuk menternak lebah madu :

Potong papan kayu sehingga di dapatkan ukuran seperti ini,
a. Panjang 40cm lebar 20cm -+ 4 keping
b. panjang 25cm lebar 18cm 2 keping
c. panjang 25cm lebar 4cm 2 keping

susun papan kayu A dan B menjadi persegi panjang dengan Panjang=40cm, lebar =25cm tinggi samping=20cm, tinggi depan dan belakang= 18cm. Lalu pada tinggi 18 cm di tempel papan C dari luar dan di paku. sehingga total tinggi depan belakang juga 20cm dan ada tangga di dalam sebagai tempat frame dari bambu atau kayu yang akan menjadi tempatb sisiran lebah membangun sisiran sarang atau tala, toto, dengan lilin.

Bagian sisi kotak yang berukuran 25 dan tinggi 20cm akan menjadi bagian depan atau muka stup.

Buat lubang untuk keluar masuk lebah ini bisa memilih beberapa bentuk, saran saya buatlah di tengah atau di dasar bagian bawah muka stup. BUAT lubang persegin panjang di muka stup buatan kita dengan tinggi1 atau 1,5 cm dan panjang -+ 10cm. jangan terlalu lebar supaya tokek sebagai hama pengganggu lebah tidak dapat masuk.

TUTUP bagian alasnya dengan sisa papan. sampai langkah ini sahabat sudah bisa berhasil membuat 85 persen stup lebah
bersambung insaya alloh. bentuknya adalah kotak persegi panjang.

Membuat tutup stup untuk stup kotak sarang lebah buatan langkah selanjutnya membuat penutup untuk stup rekayasa semi modern ini. prinsipnya adalah seperti topi saat di kenakan di kepala kita. tapi buatlah yang agak longgar supaya dalm penggunaan nanti, lebah tidak tergencet dan mati, karena lebah suka nempel di dinding luar pasca panen.

Membuat frame stup kotak lebah semi modern Langkah selanjutnya membuat frame, yaitu bilah kayu atau bambu untuk tempat lebah membangun sisiran sarang yang akan berisi madu, pollen dan wadah ratu lebah menyimpan telur dan perkembangan larfa lebah muda.

potong bambu sepanjang 39,5 cm. lalu belah dan buat bilah bilah selebar kurang lebih 2,5 cm. haluskan bagian dalam bambu supaya datar dan bersih dan hilang debu bagian dalambambu. letakkan dalam stup buatan kita tadi, stiap kotak bisa berisi 7 atau 8 frame. dengan jarak agak renggang yaitu skitar 0.7cm saat adav lebahnya. bila untuk memancing bisa juga di rapatkan framenya.

VIDEO CARA MEMBUAT KOTAK LEBAH MADU SEDERHANA DAN SEMI MODERN DAPAT DI LIHAT DI CHANNEL YOUTUBE KAMI BERIKUT INI: Demikianlah cara membuat tips dan trik membuat sarang lebah madu lokal apis cerana, tawon glodok, tawon unduhan. Mohon maaf belum ada gambar, karena adanya kamera hp jadul 2mp yg blur... semoga bermanfaat buat sahabat rimba...  wassalamualaikum warohmatulloh

Hubungi Kontak Kami :

Telepon - SMS Kami - Whatsapp

Produk Madu Amanah Rimba

Madu Klanceng/Trigona

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

Madu Hutan Apis Dorsata Multiflora

Madu hutan belantara
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

4 comments:

  1. Fotonya belum ada gan?

    ReplyDelete
  2. bisa beli propolis lebah klanceng nya gan? mo coba buat mancing klanceng di kotak baru

    ReplyDelete
  3. assalamualaikum? terimakasih mas bs pesan kandangnya g' mas?

    ReplyDelete

Madu Lebah Lokal

Madu Lebah Lokal
Madu apis cerana 1kg, Pesan via wa: 082242011571

Madu Hutan Apis dorsata

Madu Hutan Apis dorsata
Madu Hutan tawon Gung multifora Asli, pesan via wa: 082242011571

Madu Klanceng

Madu Klanceng
Madu klanceng Asli 1 Kg, pesan via wa: 082242011571

Video Cara Memecah Koloni

LIKE MY FB PAGE ?

VIDEO PANEN LEBAH KLANCENG

Waktu Panen Lebah Madu yg Tepat

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak
BARU... Beli Madu Dilapak Amanah Rimba