Special Honey to Shahabat Rimba

Subscribe My Youtube Channel

Home » , , , , » Hama pengganggu lebah madu

Hama pengganggu lebah madu

Daftar hama musuh pengganggu lebah madu lokal, meskipun lebah memiliki sengat dengan Venom atau racun yang mampu membuat kebanyakan orang dan binatang lain takut, bukan berarti tiada hama bagi lebah madu. Berikut sebagian hewan binatang dan hama yang mengganggu lebah madu.

hama pengganggu lebah madu
telur cicak dalam stup lebah
Cicak cicak memakan lebah madu utamanya lebah lokal apis cerana. Kadang Cicak memakan lebah yg ada di luar kotak, kadang sering saya temukan di dalam stup dan bertelur di stup. Menurut pendapat saya, cicak bukan hama yang mematikan koloni lebah madu, atau tidak terlalu berbahaya karena makanya cicak mungkin tidak seberapa. Tapi kadang membuat lebah gusar dan marah.

Cara penaggulangan menanggulangi mengatasi hama lebah bernama cicik maaf cicak ini hehe. . . Pertama siapin aja pentungan kayu atau bamboo  buka stup dan hajar cicaknya  hehe. Cara kedua siapin karet gelang dan lidi untuk panah, dan targetkan cicaknya itung itung hiburan deh... Ke tiga agak ekstrim dikit caranya, siapin senapan angin, klau g punya boleh pinjam tetangga atau punya sndiri. Caranya senapan di isi proyektil sebutir kacang hijau, pompa dan targetkan lagi cicaknya jangan melesat ya?

tokek pengganggu hama lebah madu lokal
tokek di dalam kotak lebah
Tokek tokek adalah sejenis cicak besar atau cicak raksasa. Cara mengatasi hama-hama lebah madu yang kali ini bernama tokek, sama dengan cara mengatasi cicak. Kalau di dalam kotak atau tempat yang pendek cukup dengan pentungan. Kalau tempatnya tinggi atau sulit di jangkau, siapkan airgun atau panah. Cuma karena tokek lebih besar dan kuat maka untuk yg cara panah perlu di upgrade. Caranya siapkan pentil yang biasa buat ketapel 1 helai aja, ikat mementuk lingkaran atau seperti karet gelang, kalungkan pada jari tengah dan jari telunjuk lalu pasang anak panah dan luncurkan. Tapi anak panahnya di ganti bamboo yg di buat runcing sebagai pengganti lidi. Supaya tokek tidak masuk stup, maka buat lubang keluar masuk lebah kecil saja.

Semut hama pengganggu lebah madu selanjutnya yaitu semut, sebenarnya tidak menyerang langsung lebah madu. Namun cuma bersarang di atas stup atau di dalam stup. Saat kita membuka stup maka semut berhamburan dan terjadilah apa yang terjadi hehe. . . Semut berlarian dan terjadi class dengan lebah madu. Di sini akan terjadi perkelahian antara lebah dan semut. Lebah yang merasa di mendapat serangan mendadak akan melakukan serangan balasan secara  membabi buta menyerang semut dan. . . termasuk menyerang yang punya lebah. Hati2 ya, cara mengatasi semut adalah, isolasi atau jangan biarkan glodok bersentuhan dengan benda-benda yang bisa menjadi jembatan mendarat di glodok atau stup, gunakan oli pada rak, atau vaselin pada tali jika kotak lebah di gantung. Jika semut sudah terlanjur masuk dan bersarang dalm jumlah banyak di glodok jangan di ganggu dengan frontal dulu, cukup di putus jalur suplai peralananya dengan oli, vaselin, maka semut akan kehabisan logistik hehe. . . Dan akan melemah dengan sendirinya.

Hama pengganggu lebah madu selanjutnya adalah burung walet, sriti dan sejenisnya. Cara penanggulanganya bagaimana ya kalau burungnya banyak ?? Ini saya dapat pengalaman dari rekan, beliau memasang titiran atau kincir angin di atas rumah memakai pasak atau tiang tinggi seperti antena, dan semacam gembreng atau klintingan/ lonceng yg di pasang tali ke bawah, nah kalau ada burung tinggal di tari-tarik gitu deh. Silahkan di coba trik ini. Kalau menurut saya ini memang trik yang jitu.

Hama pengganggu lebah madu yg pernah sy lihat mengganggu lebah di pinggiran sarang adalah bunglon. Kasusnya hampirdama dengan cicak tadi, terutama lebah yang di gantung di atas pohon. Tapi menurut saya kasus ini jarang, jadi kesimpulan saya bunglon belum menjadi ancaman serius bagi lebah.

Serangga penganggu lebah madu, kalau sebelumnya ada beberapa reptil yang memangsa lebah, kini ada serangga bukan memangsa atau memakan lebah tapi merusak sisiran sarang lebah madu, dalam hal ini yang saya tahu pada lebah lokal. Serangga itu adalah berbentuk ulat, berwana putih. Nama latinnya saya belum telusuri lebih jauh. Tapi setelah saya amati ternyata sisiran yg di mangsa oleh serangga ini adalah sisiran sarang yang sudah agak tua berwarna coklat, bukan yang masih muda putih. Saya belum tahu cara untuk membasmi dengan Tuntas serangga ini, namun ada sedikit tips dan trik. Yang dimakan adalah sisiran sanrang yg tua, maka sarang yg sudah tua bisa di usahakan di buang, di eliminasi supaya lebah membuat sarang yang baru atau mungkin kalau software semacam di update lah, hehe.

Sementara ini dulu posting tentang hama dan pengganggu pada lebah madu khususnya jenis lebah lokal atau apis cerana. Mungkin lainkali bisa saya tambahkan lagi, atau bila sobat rimba menemukan hama pengganggu lebah madu silahkan di share di tulis di form komentar di bawah port ini.




Hubungi Kontak Kami :

Telepon - SMS Kami - Whatsapp

Produk Madu Amanah Rimba

Madu Klanceng/Trigona

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

Madu Hutan Apis Dorsata Multiflora

Madu hutan belantara
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

0 comments:

Post a Comment

Madu Lebah Lokal

Madu Lebah Lokal
Madu apis cerana 1kg, Pesan via wa: 082242011571

Madu Hutan Apis dorsata

Madu Hutan Apis dorsata
Madu Hutan tawon Gung multifora Asli, pesan via wa: 082242011571

Madu Klanceng

Madu Klanceng
Madu klanceng Asli 1 Kg, pesan via wa: 082242011571

Video Cara Memecah Koloni

LIKE MY FB PAGE ?

VIDEO PANEN LEBAH KLANCENG

Waktu Panen Lebah Madu yg Tepat

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak
BARU... Beli Madu Dilapak Amanah Rimba