Special Honey to Shahabat Rimba

Subscribe My Youtube Channel

Home » , , , , , » CARA TERNAK Lebah Madu Bagi Pemula

CARA TERNAK Lebah Madu Bagi Pemula

cara ternak lebah madu lokal
Madu Amanah Rimba - Cara Beternak budidaya lebah madu Liar lebah Hutan atau lebah madu lokal, tawon glodok, Lebah lalat, tawon unduhan apis cerana, apis indica. Lebah lokal pada dasarnya adalah lebah yg hidup liar di hutan, di lubang batu, kayu, pohon besar, rumah warga dll.

Lebah ini liar, namun bisakah di ternak untuk menghasilkan madu? Jawabnya bisa, karena pada dasarnya lebah ini adalah lebah penghasil madu.

Cara dan Panduan awal untuk Memulai ternak Lebah, Menangkar dan budidaya dan pelihara lebah madu lokal. Untuk memulai memelihara dan menternak lebah madu lokal, yg di perlukan adalah:

1. Bibit lebah, untuk mendapatkan bibit koloni tawon glodok, bisa dengan mencari bibit secara manual. berburu di hutan atau daerah yang banyak terdapat lebah lalu di pindahkan ke dalam kotak. atau yg lebih cepat dan praktis adalah dengan membeli bibinya di peternak. Bila mencari bibit di alam, maka sahabat rimba harus menguasai bagaimana cara menangani lebah dan memindahkan ke dalam stup buatan. Baca tulisan saya sebelumnya tentang : CARA MEMINDAH Sarang Lebah madu liar ke dalam Kotak

2. Kedua adalah Lingkungan yang baik bagi perkembangan dan perkembangbiakan lebah madu. yaitu Lingkungan bisa menjadi endemik atau banyak pakan lebah di tempat tersebut. Ini syarat yg penting bila ingin membudidayakan lebah lokal ini secara menetap. Baca juga tentang : Panduan Cara MEMBUAT kotak sarang lebah madu

Setelah mempunyai bibit lebah madu awal, Langkah selanjutrnya untuk menangkarkan lebah madu adalah dengan menaruhlah koloni sarang lebah madu tersebut di sekitar hutan atau lingkungan yang banyak terdapat tumbuhan berbunga yang mengandung nektar dan tepung sari sebagai makanan bagi lebah madu tersebut. Dengan menempatkan sarang lebah madu pada tempat yang kaya nektar, insyaalloh kotak lebah akan berisi banyak madu yang bisa sahabat panen.

Lingkungan yg bagus adalah yg banyak pohon sumber pakan lebah yaitu Nektar dan Tepung sari.

TANAMAN POHON BUNGA SUMBER NEKTAR : mahoni, sonokeling, ketapang, kelapa, kebun buah rambutan, klengkeng, jambu air, kaliandra, kopi, randu dll. Nektar akan di olah menjadi madu sebagai sumber energi lebah. Nektar yg dikumpulkan akan menjadi madu yg mengandung beberapa enzim, vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. baca artikel saya sebelumnya tentang : Kandungan dan Manfaat Madu murni Bagi Kesehatan !!

Bila anda ingin lebah yg anda pelihara menghasilkan banyak madu, maka pastikan di sekeliling lebah-lebah banyak pohon sumber nektar tersebut, atau bila anda punya tanah luas bisa di manfaatkan untuk di tanami tanaman yg berbunga dan menghasilkan nektar sepanjang tahun, semisal Kaliandra merah calliandra calothirsus, Acacia Mangium, akasia auriculyformis dan menaruh lebah di kebun tersebut.

cara beternak lebah madu

TANAMAN SUMBER TEPUNG SARI BEEPOLLEN : jagung, padi, kelapa, aren, randu, kopi, rumput liar, dll. Tepung sari akan digunakan sebagai sumber protein bagi lebah untuk keperluan tubuh lebah, reproduksi dan pertumbuhan.

Sehinggal ratu lebah subur banyak telurnya dan koloni menjadi besar dan kuat. Bee pollen biasa di manfaatkan oleh manusia sebagai sumber protein yg bagus, dan kandungan gizi yg lengkap. selengkapnya Mengenai bee pollen atau beebread baca Khasiat dan Kandungan Gizi beepollen

Saya rasa dua syarat diatas 80% telah cukup bagi seseorang untuk memulai beternak lebah. Setelah lingkungan bagus, dan lebah telah aktif tinggal menunggu musim bunga dan memanen madunya.

Setelah koloni lebah berkembang, kemudian kita bisa memperbanyak koloni dengan pemecahan koloni yang telah ada, supaya kita memiliki semakin banyak koloni lebah. Baca caranya di panduan sebelumnya tentang : CARA Memecah Membuat Ratu Lebah dan Memecah Koloni Lebah Madu

Untuk memulai beternak lebah lokal, bibit dan tanya2 silahkan sms /telp no hp sy di atas halaman ini, mohon maaf kalau hp kadang tidak saya aktifkan saat kerja/ perjalanan, namun bila sms dulu insyaalloh masuk.


Hubungi Kontak Kami :

Telepon - SMS Kami - Whatsapp

Produk Madu Amanah Rimba

Madu Klanceng/Trigona

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

Madu Hutan Apis Dorsata Multiflora

Madu hutan belantara
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

0 comments:

Post a Comment

Madu Lebah Lokal

Madu Lebah Lokal
Madu apis cerana 1kg, Pesan via wa: 082242011571

Madu Hutan Apis dorsata

Madu Hutan Apis dorsata
Madu Hutan tawon Gung multifora Asli, pesan via wa: 082242011571

Madu Klanceng

Madu Klanceng
Madu klanceng Asli 1 Kg, pesan via wa: 082242011571

Video Cara Memecah Koloni

LIKE MY FB PAGE ?

VIDEO PANEN LEBAH KLANCENG

Waktu Panen Lebah Madu yg Tepat

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak
BARU... Beli Madu Dilapak Amanah Rimba